Selasa, 19 Maret 2019

Ekologi Laut Tropis - Ekologi Seagrass

Seagrass atau lamun adalah tumbuhan perairan dangkal yang memiliki struktur daun, akar sejati, dan rhizoma. Bentuk lamun pada umumnya berdaun panjang, memiliki perakaran serabut, monokotil, dan daun lebat. Berikut jenis-jenis lamun yang sering ditemukan di perairan dangkal;

Cymodocea serrulata daunnya  berbentuk menyerupai pita yang lurus atau sedikit melengkung. Tiap-tiap tegakkan daunnya terdiri dari 2-3 helai daun. Dengan panjang rata-rata daun 5,9-14,1 cm dan lebar daun 0,2-0,8 cm. Mempunyai batang yang berukuran pendek dan akar yang bercabang menempel pada rhizoma. Perakarannya berwarna kuning sampai kecoklatan.

Cymodocea rotundata punya bentuk tepi daun halus atau licin, tulang daun sejajar, akar tidak bercabang,  tidak bergerigi, tidak mempunyai rambut akar, dan akar pada nodusnya terdiri dari 2-3 helai. tiap-tiap nodusnya hanya terdapat satu tegakan

Thalassia hemprichii memiliki daun yang berbentuk seperti pita dan agak melengkung berbentuk seperti bentuk sabit yang tebal. Tegakkan daun rata-rata memiliki 3 helai daun. Batang dilengkapi pelepah daun yang menyelimuti dan akar serta holdfast berbentuk seperti saluran yang berbuku-buku.

Thalassodendron ciliatum rhizomanya sangat keras dan berkayu, terdapat ligule (persimpangan daun dan batang daun), akar berjumlah 1-5, ujung daun berbentuk seperti gigi, dan helaian daunnya lebar serta pipih. Daun-daunnya berbentuk sabit, yang menyempit pada bagian pangkalnya.

Enhalus acoroides akarnya berbentuk seperti tali, tidak bercabang dan berjumlah banyak. Panjang daun berkisar antara 18,50 – 157,65 mm dan diameternya daun antara 3,00 – 5,00 mm. Bentuk daun seperti pita, tepinya rata dan ujungnya tumpul. Tumbuh cukup berpencar dan kadang-kadang membentuk kelompok-kelompok kecil terdiri dari beberapa individu atau kumpulan individu yang rapat. Enhalus acoroides dikategorikan jenis lamun yang mempunyai ukuran paling besar, helaian daun pun ternyaata dapat mencapai ukuran lebih dari 1 meter. Jenis ini tumbuh di perairan dangkal sampai kedalaman 4 meter, pada dasar pasir, pasir lumpur atau lumpur.

Halophila decipiens helai-helai daunnya berbulu, daunnya tipis menyolok, tembus cahaya, dan berbentuk oval atau elips. Selain itu mempunyai tepi daun yang bergerigi seperti gergaji, daun yang berpasang-pasangan, rhizomanya berbulu dan sering tampak kotor karena sedimen cenderung menempel pada bulu-bulu tersebut. Spesies ini pernah ditemukan juga dikedalaman 58 meter.

Seagrass Bed
Seagrass bed disebut juga sebagai padang lamun. Padang lamun merupakan sekumpulan tanaman lamun yang tumbuh dan membentuk habitat baru bagi organisme disana. Padang lamun tampak seperti hamparan luas tumbuhan berbunga yang sudah sepenuhnya menyesuaikan diri untuk hidup terbenam di dalam laut, daerah perairan dangkal agak berpasir. Selanjutnya menjelaskan bahwa padang lamun merupakan suatu hamparan tumbuhan lamun yang menutupi suatu area pesisir atau laut dangkal, terbentuk dari satu jenis lamun atau lebih dengan kerapatan padat atau jarang  Padang lamun memiliki peran penting bagi organisme dimana dijadikan tempat feeding ground, breeding, dan nursery. Padang lamun juga menjadi tempat yang paling cocok bagi organisme yang perlu bersembunyi dari predator. Selain itu padang lamun menjebak sedimen sehingga menjaga kualitas air.

Daftar pustaka
Hemminga MA, Duarte CM (2000) Seagrass Ecology. Cambridge: Cambridge University Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar